Did you know ?? Olahraga merupakan suatu kegiatan yang sangat penting bagi tubuh jasmani kita, ada bermacam-macam jenis kegiatan olahraga dari yang ringan hingga yang berat, jika dilakukan dengan rutin dan dengan cara yang benar maka olahraga tersebut  sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita dan tubuh menjadi bugar, manfaat lain dari olahraga juga membuat tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit, serta kotoran yang tidak berguna bagi tubuh ikut terbuang dengan keluarnya keringat dari dalam tubuh.

Banyak dari kita yang terlalu malas untuk berolahraga dikarenakan kesibukan di kantor atau sekolah, atau mungkin juga terlalu banyak kegiatan sehingga tidak ada waktu lagi untuk berolahraga, mungkin banyak juga  dari kita yang dalam sebulan atau setahun hanya sekali saja melakukan olahraga atau bisa juga gak pernah sama sekali berolahraga, lol.
Mungkin anda berpikir, ah dari dulu aku ga pernah olahraga aja ga pernah kenapa-napa, memang sih sekarang mungkin belum terjadi apa-apa, tapi alangkah lebih baik menjaga dari pada terlambat iya kan?

or2

Ada beberapa hal yang cukup penting bagi anda saat berencana untuk memulai berolahraga:

  1. Jika anda hendak mulai melakukan olahraga, lakukanlah saat kondisi tubuh anda sedang fit, hentikan kegiatan olahraga anda jika terjadi hal-hal yang tidak wajar, misalnya pusing, mual ataupun sakit terkilir.
  2. Lakukan disiplin waktu untuk berolahraga, atur waktu yang tepat disela-sela waktu anda yang sibuk.
  3. Lakukanlah kegiatan berolahraga dengan santai dan bukan menjadi beban, bila perlu ajak teman atau pasangan anda atau mungkin keluarga anda sehingga suasana akan lebih santai dan menyenangkan.
  4. Makanlah dengan makanan yang sehat dan bergizi, perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan hindari makanan yang terlalu berlemak.
  5. Hindari merokok atau minuman beralkohol, jika anda perokok berat dan anda tidak bisa melepaskannya anda bisa mengurangi dari kebiasaan harian anda.
  6. Bila perlu konsumsi juga multi vitamin yang banyak dijual di toko kesehatan, sehingga keperluan vitamin dan mineral bagi tubuh anda tercukupi setiap harinya.
  7. Minum air putih 2 liter setiap hari dan bisa juga diselingi dengan juice buah sesuai selera anda.
  8. Minumlah susu setiap hari karena susu sangat baik bagi tubuh kita, apalagi untuk anak yang dalam masa pertumbuhan sangat disarankan untuk selalu mengkonsumsi susu.
  9. Konsumsi madu setiap hari yang berguna meningkatkan stamina tubuh anda.
  10. Pilihlah olahraga yang cocok dengan anda, yang membuat anda senang melakukannya, atau olahraga sederhana misalnya lari  atau bersepeda.
  11. Gunakanlah pakaian, sepatu atau perlengkapan lainnya yang pas dengan olahraga yang anda lakukan, usahakan untuk mengenakan pakaian atau sepatu yang benar-benar nyaman digunakan dan tidak menggangu dalam melakukan aktifitas berolahraga anda.
  12. Untuk anda yang memilih olahraga seperti lari atau bersepeda carilah lokasi khusus untuk anda berolahraga yang segar dan sehat, dan juga pilih jalur atau area yang aman dari kendaraan bermotor sehingga anda leluasa dalam berolahraga.
  13. Sebelum anda memulai berolahraga lakukan pemanasan dulu atau senam ringan supaya otot-otot tubuh anda tidak kaget.
  14. Lakukanlah pola hidup sehat, hindari stres maka tubuh anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

 

Sumber : http://sehatalami99.blogspot.co.id/2013/03/olahraga-itu-menyehatkan.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here