KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi Utama :

  1. Standar Kompetensi I: Etik legal dan keselamatan pasien

Lulusan Berperilaku profesional, memiliki etika dan bermoral terhadap issue etik maupun aspek legal dalam praktik kebidanan yang berorientasi pada keselamatan perempuan dan masyarakat

  1. Standar Kompetensi II: Komunikasi Efektif

Lulusan Mampu bertukar informasi secara verbal dan non-verbal dengan pasien/ perempuan, keluarganya, masyarakat di lingkungan perempuan, sesama profesi, antar profesi kesehatan, dan stakeholder

  1. Standar Kompetensi III: Profesionalisme dan Pengembangan Diri

Lulusan Mampu mengembangkan diri dengan mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi terkini, serta menyadari keterbatasan diri berkaitan dengan praktik kebidanan serta menjunjung tinggi komitmen terhadap profesi bidan.

  1. Standar Kompetensi IV: Landasan Ilmiah Praktik Kebidanan

Lulusan memiliki pengetahuan yang diperlukan dari kebidanan, obstetrics, neonatologi, ilmu-ilmu sosial, kesehatan masyarakat dan etika yang membentuk dasar yang berkualitas tinggi, budaya yang relevan, asuhan yang tepat untuk perempuan, bayi yang baru lahir, dan keluarga melahirkan anak

 

 

 

 

  1. Standar Kompetensi V: Keterampilan Klinis dalam praktik kebidanan

Lulusan memiliki keterampilan yang diperlukan dari kebidanan, obstetrics, neonatologi, ilmu-ilmu sosial, kesehatan masyarakat dan etika yang membentuk dasar yang berkualitas tinggi, budaya yang relevan, asuhan yang tepat untuk perempuan, bayi yang baru lahir, dan keluarga melahirkan anak.

  1. Standar Kompetensi VI: Promosi dan Konseling

Lulusan Melakukan promosi kesehatan dan konseling mengenai kesehatan masyarakat pada umumnya, dan kesehatan perempuan sesuai dengan tahap perkembangan siklus reproduksinya.

  1. Standar Kompetensi VII: Manajemen, kepemimpinan dan kewirausahaan

Lulusan Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dibawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi secara komprehensif sumber daya di wilayah kerjanya dengan memanfaatkan IPTEK untuk menghasilkan langkah-langkah strategis pengembangan organisasi.

 

Kompetensi Pendukung :

  1. Lulusan dapat memberikan asuhan kebidanan berdasarkan prinsip evidence-based
  2. Lulusan dapat melakukan penatalaksanaan secara komprehensif berdasarkan Problem Based Learning (PBL)
  3. Lulusan dapat melakukan Komunikasi Interpersonal dan Konseling (KIP/K) dengan baik
  4. Lulusan dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris baik secara pasif maupun aktif dalam konteks pelayanan kebidanan
  5. Lulusan dapat mengoperasikan komputer dengan segala program aplikasinya untuk kepentingan pendokumentasian kebidanan dan penulisan karya penelitian dan pengabdian masyarakat.
  6. Lulusan dapat melakukan keterampilan dalam pertolongan pertama pada kegawatdaruratan kebidanan

Kompetensi lainnya/pilihan :

  1. Lulusan memiliki kemandirian dalam mengembangkan karirnya sebagai bidan melalui jiwa wirausaha (entrepreneurship) sehingga mampu menyusun business plan sebagai prasyarat bagi pembukaan Bidan Praktek Swasta (BPS)

Lulusan memiliki sikap, perilaku, dan kebiasaan yang berorientasi pada pengembangan Kecerdasan Emosional – Spiritual untuk mendukung terciptanya bidan yang etis, profesional, akuntabel dan berakhlakul karimah (soft skill).